AC

 

Tips Pemakaian dan Perawatan AC Portable

Rate this post

Tips Cara Pemakaian dan Perawatan AC Portable.

Untuk memperoleh hasil yang terbaik dari alat pendingin ruangan anda, ikuti saran-saran berikut ini :

  • Tutup pintu dan jendela dalam ruangan anda yang akan di dinginkan, satu-satunya pengecualian adalah ketika alatnya dipasang melalui lubang di dinding, dalam hal ini anda di sarankan untuk membiarkan pintu atau jendela anda sedikit tebuka agar ventilasinya berjalan dengan baik.
  • Lindungi ruangan dari paparan sinar matahari langsung dengan menutup  sebagaian   tirai / kerai agar alat bisa bekerja  secara ekonomis. Dalam hal ini berpengaruh juga terhadap sumber daya listrik yang anda gunakan.
  • Jangan menyandaran benda-benda apapun pada AC, baik itu indoor AC ataupun Outdoor AC
  • Pastikan tidak ada sumber panas pada ruangan atau peralatan lainnya yang bisa menimbkan energi udara panas dalam ruangan.
  • Jangan menggunakan alat pendingin / AC di dalam ruangan yang lembab ( tempat cuci baju misalnya ).
  • Pastikan alat pendingin ruangan berdiri di atas permukaan yang rata. Apabila di perlukan tempatkan dua buah  kunci kastroli  di bawah roda-roda depan peralatan.

CARA PEMBERSIHAN

Sebelum membersihkan  atau merawat, matikan alatnya dengan menekan tombol ON/STAND-By atau tekan tombol ON/OFF ketika sedang menggunakan cara-cara unit pengendali jarak jauh, lalu cabut alatnya dari stop kontak utama atau stop kontak listrik.

  •  Membersihkan wadahnya

Anda sebaiknya membersihkan alat pendingin ruangan tersebut dengan menggunakan kain lap yang sedikit lembab, kemudian  mengelapnya dengan kain lap yang kering. Untuk alasan-alasan keselamatan, jangan mencuci alat pendingin ruangan dengan air apalagi dengan menggunakan bahan – bahan kimia yang berbahaya.

  •  PERINGATAN

Jangan menggunakan minyak tanah, alkohol atau larutan apapun untuk membersihkan alat tersebut, jangan menyemprotkan cairan pembunuh serangga atau semacamnya.

  •  Membersihkan  saringan-saringan pembersih udara

Agar alat pedingin ruangan anda tetap bekerja secara efisien, anda sebaiknya membersihkan saringan  debu setiap minggu dalam operasionalnya. Saringan tersebut di tempatkat di kisi-kisi pipa masuk.

Untuk membersihkan saringan-saringan tersebut, mulailah untuk:

  1. Melepas saringan debu tersebut dengan menariknya keluar keatas.
  2. Gunakan alat penghisap debu untuk menghilangkan debu yang menumpuk di saringan, apabila saringan sangat kotor rendam di dalam  air hangat dan bilas beberapa kali, airnya tidak boleh lebih panas dari 40 derajat celcius. Setelah di cuci, keringkan saringan tesebut lalu pasang kembali pada tempatnya.
  • AWAL WAKTU PENGECEKAN

Pastikan bahwa kabel daya dan stekernya tidak mengalami kerusakan dan sistem yang menghubungkan ke tanah pun efisien.

  • AKHIR WAKTU PENGECEKAN

Untuk benar-benar membebaskan sikuit internalnya dari air, buka penutupnya, alirkan keluar semua air yang tersisa kedalam sebuah wadah, ketika sudah betul-betul kering, pasang kembali penutupnya. Bersihkan saringannya dan betul-betul keringkan sebelum di pasang.

Semoga bermanfaat,..

INGIN MANDAPATKAN INFORMASI LEBIH LANJUT, KAMI SIAP MEMBANTU ANDA…!
  • No categories