AC

 

Tips cara hemat listrik dalam pemakaian AC

Tips cara hemat listrik dalam pemakaian AC 5.00/5 (100.00%) 1 vote

ac-hematBerikut ini beberapa tips menghemat biaya listrik dalam pemakaian AC di ruangan kita.

  1. Pastikan PK atau kapasitas AC mencukupi kebutuhan ruangan.

Menentukan kapasitas atau PK AC sangat di perlukan sebelum kita memutuskan untuk pembelian AC. Hal ini sering di abaikan khususnya bagi mereka yang mungkin kurang dalam memahami kerja AC. Jadi sebelum anda memutuskan untuk membeli AC dengan merk dan PK tertentu ada baiknya anda harus menghitung dahulu berapa kira – kira kapasitas AC yang akan di butuhkan. Kita harus menghitung dahulu berapa BTU untuk ruangan yang akan kita pasang AC, jika anda merasa kesulitan dengan masalah ini silahkan hubungi kami dengan senang hati kami akan siap membantu anda.

  1. Cara benar menjalankan atau mengoperasikan mesin AC

Kalau ac baru dimatikan mungkin karena listrik mati atau tidak sengaja kepencet tombol off-nya, AC jangan langsung dinyalakan kembali. Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat selama minimal hingga 1 menit. Niscaya umur kompressor anda akan lebih panjang. Cara menggunakan AC yang benar ini adalah salah satu cara paling efektif dalam memperpanjang umur kompressor AC anda.

  1. Pengaturan suhu temperature AC

Jangan atur suhu remote pada 16 derajat dengan fan speed maksimum. Ini adalah kesalahan terbesar pada saat anda menggunakan AC. Ingat AC adalah Air Conditioner dan bukan Air Cooler. Jadi dalam menggunakan AC sesuaikan dengan suhu yang di butuhkan. Karena dengan demikian kerja compressor AC juga tidak ngoyo dan secara otomatis anda akan hemat dalam penggunaan daya listrik.

  1. Pastikan AC selalu di service atau di cuci minimal setiap 2 atau 3 bulan sekali.

AC yang sudah kotor terutama di filter, evaporator dan di kipas AC akan membutuhkan daya extra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. Contoh kalau kipas dan filter AC sudah penuh debu misalnya, dari biasanya anda pakai fan kecepatan 1 sekarang harus maksimum baru dingin. Ini akan mengakibatkan pemborosan listrik yang tidak perlu. Begitu pula dengan unit outdoor, bila sudah kotor dan berdebu, pembuangan panas akan tidak bisa maksimal sehingga kompressor lebih sering mati karena terlalu panas padahal suhu ruangan belum tercapai.

Bahkan kalau ada yang merokok di dalam ruangan, atau dekat tempat yang banyak debu atau dapur maka AC wajib dicuci setiap 2 bulan sekali bahkan sebulan sekali jika AC itu terpasang seperti di ruangan mesin ATM yang terletak di pinggir jalan raya.

  1. Menjaga pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu ruangan AC terbuka.

Ini juga masalah yang sering kita abaikan dalam cara menggunakan ac. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Atau kalau kamar tidur kita ada kamar mandinya, pastikan supaya pintu selalu ditutup kembali. sebab begitu ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Nah apabila pintu terus terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan ke ruangan lain di luar kamar, sebenarnya ukuran ruangan yang di dinginkan jadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote dan secara otomatis akan menyerap penggunaan daya listrik yang besar di tempat anda.

 

PERCAYAKAN KEBUTUHAN ANDA KEPADA PERUSAHAAN KAMI DALAM MENANGANI MESIN AC DI TEMPAT ANDA.
INGIN MENGGUNAKAN JASA KAMI DALAM MENANGANI AC RUANGAN DI TEMPAT ANDA,
HUBUNGI KAMI DI 0341-786341 / 787960